Sunday, April 26, 2009

koran kompas lagi, tentang rumah sakit..

dunno how tapi kenapa pas banget siy berita di koran blakangan ini sama apa yang ada di otakku, yang sering aku curhatin ke bokap dan ke beberapa dokter.. heeerrrgggghhhhhhh....

kali ini kompas 26 april, di rubrik keluarga-konsultasi, bagian kesehatan, tentang PELAYANAN RUMAH SAKIT..
intinya tentang komplen seorang pengguna jasa rs di indonesia, paragraf terakhirnya dia bilang,
"Apa yang diinginkan pasien dan keluarga sebenarnya tidak muluk-muluk. Dokter yang bersahabat dan peduli pada pasien, perawat yang ramah yang tanggap terhadap keluhan, laboratorium dan radiologi yang cepat mengeluarkan hasil pemeriksaan (mudah-mudahan juga tepat), dan farmasi yang dapat melayani pasien dengan cepat. Mungkinkah layanan rumah sakit kita memenuhi harapan pasien dan keluarga?"

=====
dok, sus, pasien kalo lagi sakit tuh super rewel.. kalo dia masih bisa ngomong pasti dia akan banyakkkkkkk banget tanya tentang penyakitnya dan tentang apa yang dirasa.. jadi tolong jangan dijutekin ya.. karena kalo pasiennya sakit trus dijutekin tuh bikin sedih dan bikin sesek napas.. (pangalaman pribadi heheee) waktu aku 2 minggu dirawat di rs medistra gara2 tipes+db aku berasa banget kok kalo aku tuh super rewel dan sok tau.. aku sampe takut tidur karena ngeliatin bubble yang jalan2 di slang infusku, bolak balik aku sentil2in biar bubble nya naik.. dan karena ada 3 kantong infus yang berbeda yang masuk bareng ke tanganku, jadi perhatianku dari satu kantong ke kantong berikutnya, "iyyyaaaa yang ini kayanya ntar setengah jam lagi abis niyyyy" jadi aku tongkrongin aja tuh kantong, dan tiap susternya masuk dia liat aku masih mendongak ngeliatin kantong :) blum lagi pas panas tinggi, blingsatan, ga mau makan, muntah, mau pipis, gotongan tiang infus yang banyak gantungannya, darahnya jadi naik ke slang, repooottttttt.. jadi jangan jutek ya sus, kita kan juga ga mau sakit.. kalo dokter2ku siy super baik dan sabar sekaliihhhhhh.. oya, kok pengalamanku berkali2 dirawat, yang tiap pagi ngambil darah di kamar kok ga sejago yang ada di lab ya.. di lab skali tancep langsung dapet.. kalo di kamar berkali2 aku ngalamin ditusuk berulang2, diuwek2 sampe pindah kanan-kiri dan pindah ke pergelangan yang sowakiiitttttt banget ituhhh.. hadoohhhhhhhh... (padahal itu baru hari2 awal, blum abis kan kalo ngambil di tempat ngambil darah yang biasa di tangan seblah atas apa lah itu namanya yaaa)




















kalo tentang radiologi.. yaaahhh udah ga mau komen deh aku, aku udah curhat cececowet banyak ke seorang dokter beberapa hari lalu.. pesanku, waspadalah sama hasil radiologi, kalo ada yang mencurigakan penting untuk dikonsul ke dokter lain, jaga2 lah, untuk second (or third or fourth) opinion..



=====
image taken from https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9sO-7ReB-5czIGxupZ9X0Pdcw65_oiBKsAuOWzddqlfMZdZ9YfSew8tHOi9G8rZFtj6GjE-G0k9L13k14bvbpeIECt79kw1wH4XvXyR9KGX0_RTJnFmFvPW8vKXN1hMO8fLHvuMmj4uf-/s400/NHS+Doctor.jpg

No comments: